Siapa Hamka?

2:06 AM

Hampa tak kenai ka Hmaka????!!! Rugi2 dooooee..

meh ambo terang kang sikit~! ^_^

Berkas:Buya Hamka.jpg

Nama pebuh Hamka ialah Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah bin Abdul Karim Amrullah bin Syeikh Muhammad Amrullah bin Tuanku Abdullah Saleh bin Tuanku Syeikh Pariaman atau lebih dikenal dengan julukan Hamka ajee,  Dia ni lahir di Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 dan meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 pada umur 73 tahun). Hamka ni adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama, ahli filsafat, dan aktivis politik. hurmm! Awesome x???

kehidupan awal dia pulak...
Hamka lahir pada 17 Februari 1908 [Kalender Hijriyah: 13 Muharram 1362] di Minangkabau, Sumatera. Ia lahir sebagai anak pertama dari tujuh orang bersaudara dan dibesarkan dalam keluarga yang taat melaksanakan ajaran agama Islam. Ayahnya bernama Abdul Karim Amrullah, ulama pembaru Islam di Minangkabau yang akrab dipanggil dengan sebutan Haji Rasul, sementara ibunya, yakni Sitti Shafiyah, berasal dari keturunan seniman di Minangkabau. Adapun ayah dari Abdul Karim, kakek Hamka, yakni Muhammad Amrullah dikenal sebagai ulama pengikut Tarekat Naqsyabandiyah.

Sebelum mengenyam pendidikan di sekolah, Hamka tinggal bersama neneknya di sebuah rumah di dekat Danau Maninjau. Ketika berusia enam tahun, ia pindah bersama ayahnya ke Padang Panjang. Sebagaimana umumnya anak-anak laki-laki di Minangkabau, sewaktu kecil ia belajar mengaji dan tidur di surau yang berada di sekitar tempat ia tinggal, sebab anak laki-laki Minang memang tak punya tempat di rumah. Di surau, ia belajar mengaji dan silek, sementara di luar itu, ia suka mendengarkan kaba, kisah-kisah yang dinyanyikan dengan alat-alat musik tradisional Minangkabau. Pergaulannya dengan tukang-tukang kaba, memberikannya pengetahuan tentang seni bercerita dan mengolah kata-kata. Kelak melalui novel-novelnya, Hamka sering mencomot kosakata dan istilah-istilah Minangkabau. Seperti halnya sastrawan yang lahir di ranah Minang, pantun dan petatah-petitih menjadi bumbu dalam karya-karyanya.

fuhh.. banyk duh menaipp.. selebihnya hampa cari sendiri kat Professor Google~  Ayat atas ni pun aq amek dr google.. HahAHaa~!

Hebatkn die niee.. die ad karang buku~ Best2.. tapi satu buku je  yg aq teringin sgt nak baca (bgtau ni.. kononnya2.. adalah kot sape2 nak hadiahkan. HEHEHE!)

Nama buku die Permata yang Kini Dijumpai!


Sape yang baik hati,, hampa x nk hadiahkn ke??? >_<!

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images